Saturday, May 30, 2015

Wedding Hand Bouquet

Entah kenapa pemilihan wedding HB ( Hand Bouquet ) menjadi pemikiran tersendiri bagi saya, mungkin karena saya suka bunga ( tapi jarang dapet kiriman bunga T_T ), saya lumayan sering stalker ke Instagram vendor2 wedding HB dan ngeliatin model2nya yang super cantik baik yang fresh flower atau artificial. Saya suka banget yang ada pearl juntai dan broochnya, bling bling ( mata bersinar *0* ).

Berikut saya jabarkan vendor2 HB ( fresh / art ) yang saya sukai ( urutan random, gak ada maksud menghina, menjelek2an, dsb, mungkin bisa jadi referensi para capeng yang lagi cari HB ) :

1. Atrina Soendoro
Nah vendor yang satu ini pasti banyak yang tau deh, udah terkenal sejagad perbunga2an. Saya pernah minta PL nya tapi Bu Atrina belum bisa kasih PL 2016 karena baru keluar sekitar Agustus 2015. Responnya agak lama, denger2 sih dia urus sendiri jadi mungkin beliau keteteran. Ig : atrinasoendoro

Sumber : Facebook

Sumber : Facebook


2. Line Roses Flower Boutique
Pernah minta PL sama cicinya, harga di sesuaikan dengan bunga yang di mau dan bisa custom, harganya tergolong affordable, model2nya banyak bisa cek di ig nya : linerosesflorist.
Sumber : Weddingku

Sumber : Weddingku

 
3. Cup of Love Design Studio
Super jatuh cinta sama HB art-nya si cupoflove, udah naksir dan memantapkan hati dari awal bakal deal sama vendor ini. Sampe si Brown saya kompor2in tentang HB ini, lol !. Trus liat HB pesenan si Sindi makin mupeng lah saya. Tapi vendor yg satu ini bener kata Sindi, slow response abis T__T jadi mikir dan dag dig dug juga kalo deal. Apalagi saya orangnya yang tipe panikan dan gak suka diburu2. Ya antisipasi order jauh2 hari dan kasi spare waktu biar gak mepet2. Harga HB artnya masih oke di bandingkan vendor2 sejenis. Ig : cupoflove_designstudio
Sumber : Bridestory

Sumber : Bridestory

Sumber : Bridestory


4. Papillon Bouquet
Tau vendor ini dari Rita, temen bride to be. HB art-nya cantik2 dan bikin mupeng pastinya, sayang harganya termasuk out of my budget ( tapi masi affordable dibandingkan The Coppelia ). Oia cuma vendor ini yang ngelayaninnya cowo ! haha. Entah owner apa siapanya. Ig : papillonbouquet
Sumber : Google

Sumber : Google


5. Lux Floral Design
Vendor ini adanya di Bandung, tau dari Rita juga ( karena abis nanya ke papillon out of budget ). Pas cek ig-nya ( ig : lux_floraldesign ) udah banyak portofolionya dan banyak juga bride dari jakarta dan kota2 lain mesen HB dari sini ( kalo luar bandung artificial, kalo bandung bisa fresh bisa art ). Model2nya mirip lah sama The Coppelia, Papillon, Cupoflove. Pas chat sama cicinya respon bagus tp agak slow ( baca statusnya sih lagi on vacation gitu ). Untuk harga lebih affordable dibandingkan Papillon, aksesoris yang di dapet pun lebih banyak. Btw, Lux punya akun IG khusus wedding bouquet namanya : lux_weddingfloristry

Sumber : Bridestory

Sumber : Bridestory

Sumber : Bridestory

Sumber : Bridestory

Masih ada beberapa vendor HB yang saya sempet tanya2, ada yang gak di respon sama sekali ( gak niat jualan padahal vendor terkenal juga ), ada yang ramah dan fast response banget ownernya sampe gak enak sendiri, hehe. Okelah cukup sekian, mana yang jadi favorit kalian? :)


Wednesday, May 20, 2015

Wedding Preparation - BPN

Masih seputar dunia per-wedding-an ( moga2 yg baca sama yg nulis gk enek ngomongin wedding terus ) *colekTiana*

Ide postingan ini saya dapet gara2 baca postingan si Derry, thanks Der :)

Fyi, saya dan Brown nantinya pemberkatan secara kristiani so syarat mutlak di gereja kami sebelum di berkati yaitu mengikuti kelas bimbingan pranikah yang akan saya singkat jadi BPN aja. Sebelum kelas BPN di mulai ada 2-3 kali sesi perkenalan dari Bapak/Ibu Gembala gereja. Di sesi perkenalan ini kita diwajibkan mengikuti test karakter. Apaan tuh test karakter? test karakter ini untuk mengetahui sifat dan karakter dr pasangan kita sehingga kita bisa lebih memahami pasangan kita nantinya, pastinya ada plus minus karakter di setiap pribadi manusia jadi test karakter ini sangat bermanfaat untuk mencegah area2 yang rawan konflik dengan pasangan. Syarat menikah lainnya yaitu harus mengikuti camp pemulihan supaya kita bebas dari segala kepahitan, luka batin, keterikatan, kejadian2 buruk di masa lalu dan benar2 yakin dengan iman kepercayaan kita ( bukan cuma karena syarat menikah di Indo harus pemberkatan secara agama baru bisa catatan sipil ).
Awalnya sih rada2 serem dan deg2an ikut kelas BPN tapi setelah masuk kita jadi lebih tau tentang pasangan kita, gimana mengatasi konflik, membangun komunikasi, hubungan dengan orangtua, prinsip2 pernikahan kristen, masalah keuangan sampe urusan hubungan suami istri dan keluarga berencana. Semuanya harus dibicarakan dengan pasangan kita dan masa2 sebelum menikah inilah kita harus banyak cari tau tentang pasangan kita dan share tentang gimana kita setelah menikah nantinya.

Well, resepsi pernikahan boleh mewah tapi yg terutama bagaimana kehidupan setelah menikahnya toh. Acara pernikahan dan bulan madu hanya sementara setelah itu kita harus menghadapi "dunia nyata" yang sebenar2nya. Maka itu dr para mentor BPN gak selalu membagi pengalaman yang indah2 saja tp lebih menekankan gimana strategi kita mencegah dan mengatasi bilamana konflik2 itu terjadi. Semoga ini bener2 menjadi perenungan bagi setiap bride to be karena menikah hanya 1x seumur hidup dan bagaimana supaya tetap memegang janji suci pernikahan sampai nantinya hanya maut yang memisahkan.

Ayo ikut kelas BPN sebelum menyesal ! 

Cheers,
Nie

Saturday, May 16, 2015

Wedding Preparation - Sixth Avenue Entertainment

Sebenarnya di paketan Taruma Grand Ballroom udah dapet entertainment berupa 1 MC, 1 singer dan pianis. Di Taruma juga udah nyediain sound system dan piano. Trus kenapa tiba2 ngebahas entertainment Nie? yup, saya sama Brown mutusin buat ambil entertainment dari luar, tapi MC tetep dr Taruma ( MC : Iwan Tjong ) sedangkan musicnya kami ambil sama koko gereja saya. Nama entertainmentnya Sixth Avenue Entertainment. Sixth Avenue ini terbilang baru sekitar 6 bulanan tapi untuk bandnya sendiri udah 4 tahun ( kalo gak salah inget ). Alesannya simple karena udah kenal jadi biar enak bawelinnya ngobrolnya. Mungkin bagi capeng lain music di resepsi nggak penting2 banget, bagi saya juga sih, lagu2 yang di nyanyikan hampir sebagian sama2 ajah. Cuma yang jadi perhatian saya itu beberapa kali ke kondangan ada lagu2 yang jelas2 bukan lagu wedding di nyanyiin, menurut saya ini kesalahan FATAL ! dan saya gak mau ini sampe terjadi di acara saya nanti. So, saya wanti2 koko gereja saya buat perhatiin soal yang satu ini. 

Sixth Avenue nyediain 4 paket yaitu : 

Romance
MC, Singer, Pianist, Saxophonist, Complete Sound System dan Baby Grand Piano

Accoustic
MC, Singer, Guitarist, Saxophonist, Cajonist dan Complete Sound System

Mini Chamber  
MC, 2 Singer, Pianist, Guitarist, Saxophonist, Bassist, Cajonist/Drummer, Complete Sound System dan Baby Grand Piano

Mini Orchestra
MC, 3 Singer, Pianist, Guitarist, Saxophonist, Bassist, Drummer, 4 Violinist, Complete Sound System dan Baby Grand Piano

Yang saya ambil apa? yang romance aja lah yang paling murah, lol ! ya karena balik lagi tujuan saya ambil sama Sixth Avenue biar lebih enak konsul dan milih2 lagunya. Berhubung koko gereja, saya dapet special price dan harga mengikat sampe 2016, plus saya dikasi 1 tambahan singer. Untuk Sound System dan Piano tetep pake dari Taruma ajah biar gak repot. Sekian update-an saya, kalo ada yang butuh boleh hubungi contact di bawah ini. Oiya postingan saya ini no iklan dan saya gak dibayar sama yang punya, haha just for share aja.


Sixth Avenue Entertainment
Web : www.sixthavenueent.com
IG : sixthavenue.ent
Phone : 0877 881 665 99
BBM : 519a4657

Wednesday, May 13, 2015

Rumah VS Apartemen

Gak di pungkiri ini menjadi hot topic bagi capeng2 yang mau merid, nanti abis nikah tinggal dimana? hayoloh !
Ada beberapa jawaban yang bisa di berikan :
1. TMI alias Taman Mertua Indah
2. Dikasih rumah/ apartemen sama ortu
3. Sewa rumah/ apartemen
4. Beli rumah/ apartemen
5. dll

Kalo no 1 bagi saya sih BIG NO ! alesannya? yaa semanis2nya buah pasti ada yang asem ato paitnya toh ( perumpamaan bikinan sendiri *abaikan* ), bukannya mau jadi anak durhaka tapi namanya berkeluarga maunya mandiri dan bebas dr pantauan ortu. Tapi gak jarang juga sih ada yang bisa akrab kaya lem sama perangko. Kalo opsi 2 sih pasrah aja dan terima beres tanpa usaha jadi tinggal nerima aja mau dikasih rumah/ apartemen sama ortu. Kalo no 3 alias nyewa rumah/ apartemen itu ibarat uang "mati" menurut koko ipar saya, kenapa? yaa iyaa apalagi kalo harga sewanya mahal, sayang banget keluar uang tapi gk dapet apa ( yaa dapet tempat tinggal sementara sih ).

Nah yang mau saya bahas disini tentang nomor 4 beli rumah atau apartemen. Well, topik makin berat karena saya tinggal di jakarta dan disini ini cari rumah yang masuk budget itu susaaaahnyaaa minta ampun T_T apalagi saya dan Brown lagi nabung juga untuk dana merid so beli rumah rasanya jauh dari bayangan kami. Kami pun beralih ke apartemen yang jadi idola pasangan muda saat ini. Yep, ada plus minusnya memang coba saya jabarin : ( Sumber : google )

Plus :
1. Lokasi strategis
2. Fasilitas lengkap
3. Sistem keamanan 24 jam
4. Simple
5. Tidak perlu repot urusan tagihan rekening, kebersihan, dsb

Minus :
1. Tidak bebas seperti tinggal di rumah karena harus mematuhi aturan dr pengelola
2. Service charge yang cukup mahal
3. Kurang bersosialisasi
4. Nilai investasinya lebih rendah di banding rumah
5. Sertifikat berupa Hak Guna Bangunan bukan Hak milik

Ya apapun pilihannya menurut saya tergantung kesepakatan bersama, siapa sih yang gak mau punya rumah? semua mau kan tapi harus realistis juga. Karena saya masi buta soal beginian saya jadi suka browsing cari info/ harga tentang apartemen, tanya2 temen yang tinggal di apartemen, dsb intinya sih membanding2kan mana yang terbaik buat saya dan Brown, harga apartemen pun beragam tergantung lokasi dan fasilitas yang tersedia. 

Berikut beberapa tips sebelum membeli apartemen ( Sumber : google lagi )

1. Waktu Pembelian 
Usahakan melakukan pembelian apartemen diawal. Di dunia properti dikenal dengan istilah pre-launch, yaitu penjualan sebelum properti dibangun. Harga apartemen pre-launch biasanya lebih murah daripada harga setelah launch atau apartemen sudah jadi. Kekurangannya adalah, Anda tidak bisa langsung menempati unit apartemen yang Anda beli. Pastikan juga Anda membeli apartemen dari developer yang berpengalaman dan jelas track record nya, karena banyak terjadi kasus pembelian apartemen yang gagal karena adanya developer nakal.

2. Lokasi dan Keberadaan Fasilitas Umum
Penentuan lokasi menjadi syarat utama dalam membeli apartemen. Lokasi apartemen yang tepat akan lebih memudahkan mobilisasi Anda, oleh karena itu pembangunan apartemen biasanya dilakukan di daerah – daerah sentral bisnis. Jika Anda telah menentukan lokasinya, selanjutnya Anda mencari apartemen mana saja yang ada di daerah tersebut. Sebaiknya Anda memilih lokasi apartemen di jalan utama atau dekat fasilitas umum, karena tingkat kenaikan harga properti lebih tinggi. Lokasi dan fasilitas penunjang yang dimiliki suatu apartemen akan menentukan nilai investasi apartemen tersebut untuk masa mendatang. Selain itu, keberadaan fasilitas sangat penting untuk menunjang kegiatan Anda sehari-hari. Semakin banyak fasilitas umum yang tersedia di sekitar apartemen, semakin memudahkan Anda untuk beraktifitas.

3. Tempat Parkir dan Biaya Perawatan Bulanan
Suatu bangunan apartemen biasanya dilengkapi dengan fasilitas parkir yang disesuaikan dengan unit yang tersedia. Pastikan sebelum membeli apartemen tentang hak – hak Anda menggunakan lahan parkir, biasanya ada biaya tambahan yang dibebankan apabila Anda menggunakan lebih dari 1 (satu) lahan parkir.
Selain keberadaan tempat parkir, besarnya biaya perawatan bulanan perlu Anda perhatikan. Pilihlah apartemen dengan biaya perawatan yang sesuai dengan kemampuan Anda. Biaya perawatan ini dikenakan terhadap fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh apartemen, seperti: keamanan, kebersihan, air, listrik, TV kabel dan lain – lain. Untuk beberapa apartemen juga membebankan biaya pengelolan tahunan yang harus dibayarkan pemilik sesuai dengan unit yang dimiliki.

4. Status Tanah dan Kelengkapan Dokumen
Sebelum menentukan pilihan dalam membeli apartemen perhatikan dengan cermat status tanah apartemen yang akan Anda pilih. Pastikan tanah bukan tanah sengketa atau berstatus sewa lahan, karena akan membawa masalah di kemudian hari.
Pastikan juga kelengkapan dokumen – dokumennya, anda bisa meminta bantuan jasa notaris untuk memeriksa kelengkapan dokumen yang Anda miliki. Untuk pembeli yang melakukan pembelian secara tunai harus ekstra hati – hati, periksa dulu sertifikat dan kelengkapan bukti pembayaran, jangan sampai kehilangan satu dokumen pembelian karena bisa menghilangkan hak Anda untuk memiliki apartemen tersebut. Sedangkan untuk pembeli apartemen secara kredit akan sedikit berbeda, karena pihak Bank biasanya akan memastikan kelengkapan dokumen, sehingga kejelasan dokumen untuk pembelian apartemen secara kredit akan lebih jelas.

Menurut kalian gimana? rumah atau apartemen?