Rabu, 14 Juni 2017

Menuju Sarjana

Mungkin buat sebagian orang kuliah itu gampang, yang orangtuanya mampu setelah SMA bisa menguliahkan anaknya ke Universitas. Jurusan terserah sesuai minat dan gak perlu repot mikirin biaya kuliah bahkan dikasih fasilitas kendaraan pribadi atau disewakan kamar kost. Tapi ada juga yang harus membantu ortunya meringankan biaya kuliah jadi sambil kuliah ya kerja or mulai usaha kecil-kecilan demi uang jajan.

Saya termasuk yang mana?

Kalo boleh dibilang keluarga saya itu biasa-biasa aja, ekonominya jg biasa, dibilang susah banget sih engga, gak sampe yang sehari cuma makan sekali or gak makan sama sekali. Kalo soal bayaran uang sekolah diusahakan selalu ada dan gak sampe nunggak berbulan-bulan. Rumah juga rumah sendiri bukan ngontrak ( walau dulu ada yang nyinyir ngirain rumah ngontrak ). Cece saya termasuk yang normal soal pendidikan, abis SMA dia masuk ke B*nus dan nyelesaiin kuliahnya selama 3,5 tahun tanpa bekerja or sambilan. Nah pas saya dari SMP mau masuk ke SMA. Si mami yang udah tau gak bakal sanggup masukin kita kuliah BERDUA ( saya dan Cimon ) karena biayanya gede apalagi kalo masuknya ke Universitas ternama kayak cece. 

Jadinya berkat ide dari temennya kita dimasukin ke SMK bukan SMA ! 

Reaksi saya dan Cimon? gak terima awalnya cuma apa boleh buat, ibu suri udah bertitah dan gak punya pilihan lain. Dan emang katanya kalo masuk SMK lebih gampang cari kerja daripada cuma lulusan SMA.

Jurusan yang kita ambil so pasti Akuntansi, 

Fast forward akhirnya kita lulus dan jadi demen sama Akuntansi. Disaat teman-teman pada sibuk mau masuk kampus mana, kita sibuk cari kerja dimana. 

Dulu saya merasa masa depan pasti suram kalo gak kuliah. MINDER? pasti ada rasa itu. Keinginan saya cuma satu, bisa kerja kantoran dan punya MEJA KERJA SENDIRI. Gak muluk-muluk lah ya.

Keinginan kuliah gimana? ada sih tapi karena fokus kerja dan dananya belum ada ya mau gimana dong?

Dalam hati si mami dia sedih karena gak bisa nguliahin anaknya yang dua ini, ya bukannya sombong kalo dibandingkan dengan cece kita termasuk yang gak bodoh dalam sekolah dari SD sampe SMP selalu masuk 10 besar dikelas ( soalnya pas SMK udah gak ada tuh rangking paling cuma ranking 1-3 yang diumumin ). 

Sampe waktu menginjak usia 23 tahun temen saya berniat untuk kuliah. Dan saya ikutan karena setelah menimbang-nimbang plus ada dananya juga, yoweslah saya dan Cimon fix kuliah. Disaat temen-temen udah lulus kuliah dan sibuk cari kerja, kita baru masuk kuliah dong. Bukan kampus ternama jadi biaya masuk dan semesternya gak mahal. Tapi tetep dong ya SAH jadi anak kuliahan.

Jurusannya apa? ya Akuntansi pastinya

Dulu sebelum kuliah bisa dibilang saya buta kalo temen-temen ngumpul trus ngomongin jurusan, UTS, UAS, KRS, KHS dsb dsb. Maka dari itu saya cenderung menjauh dan milih temenan sama yang udah kerja aja, Saya gak nyalahin siapa-siapa, mungkin emang dunianya aja berbeda, LOL.

Perjalanan selama kuliah ternyata gak mudah apalagi harus sambil kerja, Bisa bayangkan? pagi sampe sore dikantor abis itu lanjut kuliah sampe malem. PERJUANGAN banget apalagi pas UTS dan UAS. Kapan belajarnya? kapan bikin tugasnya? pake kekuatan bulan-nya Sailor Moon, haha. Saya inget bangun pagi-pagi buat belajar UTS/UAS. Hanya dengan kasih karunia saya bisa sampe semester 7. Maklum anak kuliahan sambil kerja, keinginannya lemah. Tiap semester ada aja yang gugur dari kelas. Yang males, yang married, yang salah jurusan, dsb dsb. 

Sampe saya memutuskan buat menikah. Tadinya menikah ditunda sampe tahun 2016 biar saya bisa lulus kuliah dulu, tapi ternyata gak kesampean dong. Yaudalah saya pikir nikah aja dulu daripada kuliah lulus belum, nikah juga belum. At least udah kawin dulu ya, LOL.


Nah, karena itu skripsi saya gak dikerjain. Bahkan tadinya saya udah fix nyerah soal kuliahan ini.

Sekarang??

Saya dalam tahap menuju sidang skripsi, doain skripsi saya di tandatangani dospem dan bisa langsung daftar sidang. Mohon doanya ya all. 

Kalo kata orang bijak, pendidikan itu gak kenal umur, mau sampe kapanpun bisa asal niat. Nah, buat readers yang baca, yang senasib ama saya, pesen saya cuma satu : ALL IS WORTH  !

Buat yang step-stepnya lancar dari sekolah-kuliah-kerja-nikah : BERSYUKUR !

Buat yang gak bisa kuliah karena alesan ABCD : gausa berkecil hati, menurut saya keterampilan itu jauh lebih menguntungkan daripada berijazah tp gak kepake. Tapi kalo mampu yaa kuliah tapi harus sampe lulus ya *ingetin diri sendiri*. 

Apapun jalan hidup ini adalah keputusan kita mau ke arah yang mana. Saya bukan orang yang sempurna dan masih banyak salah tapi jika akhirnya Tuhan izinkan saya lulus dan jadi Sarjana, itu mungkin salah satu bukti kalo kadang manusia bisa melakukan segala sesuatu kalo dia berusaha dan ada niat. Ada niat ada jalan, right? 

Okelah gak mau banyak ceramah, doain aja saya bisa lulus ya ! 


Amin.


The battle of life is, in most cases, fought uphill; 

and to win it without a struggle were perhaps to win it without honor. 

If there were no difficulties there would be no success;

if there were nothing to struggle for, there would be nothing to be achieved. 

Samuel Smiles


Nie,
Yang udah gak sabar jadi Sarjana Ekonomi 

29 komentar :

  1. Good Luck Nie!!
    Semoga skripsinya cepet di acc dospem, dan dapet jadwal sidangnya~
    Semoga sidangnya nanti lancar dan lulus dgn nilai memuaskan, Amen :)

    BalasHapus
  2. Cemungudh Nie!
    Bener pendidikan itu ga mandang umur kok, yang penting niat, usaha sama banyak2 berdoa.hehe
    Hebat kamu bisa kerja sambil kuliah, skrg sambil bikin kuku2 juga. semangat ya, semoga lancar2 sampe sidang skripsi & cepat wisuda! ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iyaa kuku jg pula.. haha. Makasi yaak selfi ^^

      Hapus
  3. Nieee.. Kamu & Cimon KEREN!!! Gw punya adek2 dikosan dulu yang begini juga. Kerja sambil malamnya kuliah. Kami tuh suka salut lho, bahkan kalo ngeliat kegigihan mereka tuh suka ngomong gini, gw waktu seusia lo belum ada kepikiran buat nyari duit..hihi..

    Suksesssss yaa.. Semoga semua urusan dimudahkan sampai nanti pakai toga ya.. Aminnn..

    BalasHapus
  4. Semangat ya Nie,gw malah salut loh sama yg bs kuliah sambil kerja *two thumbs up* bagi waktunya blum lagi tugas dan lainnya. Bener2 butuh tekad baja dan tekun.
    Gw juga dulu nyaris ga bs kuliah gara2 ga tau klo kampus tuh ada yg terjangkau jg mikirnya semua mahal kaya yg univ2 ternama itu,sempet down mikir ga kuliah untung ada yg kasih info klo kampus tuh ga slalu mahal trs diinfoiin yg kira2 sesuai keuangan jadilah bs ikut kuliah smbl jadi asisten lab di kampus buat dapet tambahan.
    Sukses ya Nie, semoga lancar skripsi dan sidangnya nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa cobaan bener deh kul smbil kerja. Hahaha. Iyaa dl mah taunya kampus2 ternama doang lol. Trnyata yang ssuai budget ada juga kok walo pasti ada bedanya.

      Hapus
  5. semoga semua dilancarkan ya Nie sampe sidang en sampe acara wisuda nanti, amien!

    BalasHapus
  6. Nie kamu keren banget masih ada semangat mau kuliah pas udah kerja. Salut banget sama kamu :) telat kuliah gak masalah yang penting kamu nunjukin bisa berjuang sampe akhirnya kuliah dan mau lulus.

    Dikit2 sih aku tau rasanya gak kuliah abis lulus SMA karena dulu juga pilihan kuliah aku terbatas biaya. Milih UI murni karena dulu itu biaya masuknya masih murah banget dan bisa dicicil, bukan karena dia kampus favorit hehe.. Sedangkan kampus swasta udah mahal2 biayanya.

    Semangat Nie berjuang sampe lulus!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih keren masuk UI.. tashya mah pinter lah pasti bs masuk mana aja. Amin. Makasi yaa supportnya ^^

      Hapus
  7. Bisa ada yang kira Nie tinggal di kontrakkan? hahahaha aneh banget itu orang. Nie dan Cimon mah hebat uda bisa buat usaha sendiri, terampil, mandiri. Pasti lulus deh lancar semuanya yayyyyyyyy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya rumah.. tp status rmhnya ngontrak bukan milik pribadi. Ada kok ci yg gitu mah. Thanks yaa supportnya ^^

      Hapus
  8. Haiii nie, Salutt loh kamu bisa kuliah sambil kerjaa... semangaat yaa bentar lagi lulus jadi sarjana...Aminn... ^^

    BalasHapus
  9. Lancar ya Nie dan Cimon. semoga lulus dengan sempurna dan tetap semangat mencapai gelar sarjana. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin cc Indri makasi supportnya :3

      Hapus
  10. Hahhaa
    yang semangat yaah kuliahnya.. :D
    Ga pernah ada kata terlambat kok buat yang mau berusaha..
    :D

    Anyway..
    Cinta banget yah sama akuntansi..
    gua baru liat angka berderet aja udah pusing..
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup2 betul makasi yaa Felic Licia :)

      Hapus
  11. hai nie, diriku sering mampir ke sini tapi masih malu maluuuu ni bertutur sapa. hehehe. doa dari jarak jauh yah buat kelancaran sidangnya... merem mata ga di pake ditanya-tanya pertanyaan ribet sama panelis trus lulus dengan nilai memuaskan. AMIIIIIIIN!!! hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai ci Fabz,

      Wah gausa malu2 dong ci :)

      Amin makasi yaak supportnya jauh2. Amin :)

      Hapus
  12. Semangat y Nie & Cimon buat sidangnya, semoga lulus dengan hasil yg sesuai harapan kalian ^^
    Btw aku selalu amaze loh sama orang yg bisa kuliah sambil kerja, karena aku tau ga gampang ngejalaninnya. Semangat y Nie tinggal 1 langkah lagi :D

    BalasHapus

Back to Top