Senin, 07 Mei 2018

Menikah itu ribet?

Gimana para isteri-isteri? nikah ribet gak?

Kalo saya ditanya seperti itu jawaban saya? iya ribet tapi tergantung mindset dan pasangan kita itu seperti apa.

Saya menyadari kehidupan setelah menikah itu bukan akhir dari segalanya melainkan awal dari babak baru kehidupan, walau sebelum menikah dulu kira-kira udah ada gambaran tapi tetep aja gak bakal benar-benar ngerasain kalo belum terjun di dalamnya, betul kan?

Seperti contoh dulu sebelum menikah saya punya keinginan minimal sebulan sekali ke salon untuk perawatan diri. Kenyataanya? zonk! gak terealisasi dong, ini kepingin gunting rambut aja gak sempet-sempet, or males kali ya.

Dan banyak keinginan-keinginan lainnya yang saya ingin lakukan tapi kenyataan kadang tidak sesuai dengan harapan.

Terus jadi kecewa dong? lagi-lagi ini tergantung mindset. Cuma yang saya sadari emang euforia bride to be itu seperti orang jatuh cinta jadi yang di bayangin yang indah-indahnya terus dan mengesampingkan kemungkinan-kemungkinan buruk/tidak sesuai dengan keinginan yang bisa terjadi setelah menikah. 

Kebanyakan mikir ya si Nie? yaa mungkin tapi saya tergelitik untuk ngebahas, suka dibaca, yang ngerasa topiknya berat monggo di skip.

Saya makin sadar waktu BPN yang dibahas bukan hal indah-indah seputar pernikahan tapi yang dibahas buruk-buruknya terus. Intinya adalah untuk berjaga-jaga dan antisipasi kalo tiba-tiba masalah itu datang, kita dan pasangan siap.

Apalagi dengan kemajuan sosial media, judge-an orang sekitar dengan begitu mudahnya kita dapatkan, bahkan saya sendiri sadar gak sadar sering melakukannya juga. Kemajuan sosial media gak salah, tapi baiknya kita bijak mempergunakannya *ngomong ke diri sendiri*.

Balik lagi ke topik menikah itu ribet gak?

Ribet kalo kebanyakan dengerin komen-komen negatif yang menjatuhkan.

Contohnya yang paling sering saya denger:

Menikah terus tinggal di rumah mertua. Wah, ini saya banget, siapa sih yang gak kepingin tinggal berdua sama suami? tapi karena hal-hal tertentu yang gak sesuai dengan planning jadinya harus tinggal dengan mertua. Hei, tinggal dengan mertua gak selamanya menyeramkan kok. Kalo buat kasus saya sih banyak yang bilang saya termasuk yang enak tinggal dengan mertua. Awalnya saya pun sama seperti isteri-isteri pada umumnya yang disuruh tinggal bareng mertua langsung nolak mentah-mentah. Tapi tak kenal maka tak sayang bener banget. Bahkan kalo dipikir-pikir seandainya saya dan suami ngontrak apartemen/rumah berapa biaya yang harus kita keluarkan dan itu terbuang tanpa hasil. Saya gak menjudge yang milih ngontrak tapi kebutuhan finansial itu banyak yah dan seandainya bisa ngirit, why not?. Lagi-lagi gak ada yang salah gak ada yang benar semua tergantung mindset dan keputusan bersama dengan pasangan. Tips dari saya buat yang tinggal dengan mertua: bekerjalah!

Menikah terus langsung punya anak. Ini kayaknya harapan atau yang diharapkan oleh orang yang udah menikah ya?. Gak salah kok abis nikah langsung punya anak, tapi banyak yang langsung punya anak ngeluh juga. Ngeluh belum puas hidup berdua sama suami, ngeluh gak bisa jalan-jalan bebas kaya dulu, ngeluh nyinyiran orang-orang seputar parenting dan perkembangan anak, ngeluh biaya hidup semakin meningkat terus gak bisa nabung dan ngeluh-ngeluh lainnya. See? ribet kan jadi mak-mak zaman now? perasaan dulu mami saya mau kasih makan anaknya kaya gimana gak ada yang peduliin, gede-gede aja tuh. Asi or sufor dipermasalahin? saya anak sufor full aja selow. Nah, peran suami sangat penting nih buat membantu para isteri plus ibu muda dalam membesarkan anak mereka. Hidup para moms udah ribet ya say, jangan kita bikin ribet lagi sama omongan-omongan yang gak membangun. (saya tau topik ginian sensitif, percayalah gak ada maksud nyinggung siapapun). Semangat buat ibu-ibu muda, kalian hebat, kalian cantik, kalian bekerja dengan luar biasa, kalian ibu terbaik buat anak-anak kalian!.

Menikah tapi belum punya anak. Topik ini udah sering banget masuk ke kuping saya. Dari yang nanyanya halus ampe nyinyiran juga ada plus ampe bawa-bawa ayat alkitab. Saya kepingin nanya sih sama yang ngomong kaya gitu, anak itu darimana asalnya? dari Tuhan kan ya, pada percaya sama Tuhan betul? sebenarnya pertanyaaan kaya gini lebih bagus nanya langsung ke Tuhan. Kok si A udah menikah belum punya anak ya? kok si B udah tahunan menikah belum dikasih momongan ya? ih emangnya gak takut ketuaan nanti punya anaknya? kasih ortu cucu dong. Antara kesel, lucu sama gak habis pikir masih aja pertanyaan kaya gini di bahas. Saya yakin anak itu anugerah dari Tuhan dan waktunya tiap orang itu berbeda-beda. Sama kaya yang langsung dikasih anak ada pergumulannya sendiri dan sama seperti yang belum ada pergumulannya sendiri. Kita gak tau waktunya Tuhan kapan dan cuma bisa berusaha dan berdoa. Dulu di BPN sempet di tanya kalo gak punya anak gimana? masih mau menikah? itu artinya anak bukan sesuatu yang mutlak ada dalam keluarga. Keluarga yang terutama itu adalah suami dan isteri. Ada anak atau tidak itu bukan sesuatu yang mesti dipermasalahkan yang penting adalah tujuan menikah. Tujuan menikah yang saya yakini yaitu untuk bertumbuh bersama (seperti yang diajarkan waktu BPN). Punya anak gak salah, belum punya atau tidak punya anak pun masih disebut keluarga yang utuh. Sisi positifnya saya belum punya anak banyak kok, bisa traveling bareng suami, bisa quality time, bisa pergi bareng ortu dan saudara, bisa nabung untuk masa depan, bisa nerusin hobi di nailart, bisa kerja kantoran tanpa ribet dan lain-lainnya.

Udah punya anak ditanya kapan lanjut bikin dedeknya. Sering juga denger nih komen macem gini, dikata punya anak gausah pake biaya kali ya. Sorry, yang ngomong tiap anak ada rejekinya masing-masing bagi saya omong kosong kalo tanpa mikirin realita dan si ortunya juga usaha giat mencari nafkah. Masalah umur udah ketuaan, biar sekalian bablas beres itu gak menjadi alesan yang logis buat saya. Mungkin saya tipenya yang pemikir banget ya tapi realistis juga penting. Sama kaya dulu waktu muda mikirnya kepingin nikah yang mewah di hotel terus suaminya ganteng, tajir melintir dan hidup ongkang-ongkang kaki terus pas dapet calon yang biasa-biasa aja gimana? ya harus realistis kan? Ya puji Tuhan kalo dapet yang kaya suaminya SDW, kalo kagak? zaman sekarang saya lihat banyak isteri-isteri harus ikutan mencari nafkah untuk memenuhi biaya hidup. Punya anak itu gak hanya butuh kesiapan mental tapi materi juga, shay. 

Dan segudang komen-komen negatif yang gak membangun lainnya, isi sendiri, LOL.

Kondisi tiap-tiap orang itu kan gak sama ya, ada saat pas di komenin moodnya lagi swing jadinya emosian, kalo lagi normal ya anggep aja angin lalu *ngomong ke diri sendiri juga masih suka asal ceplos*.

So menikah itu ribet, iya ribet tapi kalo cara berpikir dan support dari suami/isteri kita benar, yang ribet itu bakal jadi gak ribet. Sama kaya masalah, masalah gede dikecilkan, masalah kecil dihilangkan jadinya hidup lebih happy dan bermakna.

Cara biar gak ribetnya gimana Nie?
Menurut saya cara paling mudah tapi susah dilakukan adalah menerima diri sendiri dulu, jangan fokus pada kekurangan tapi maksimalkan potensi yang ada di dalam diri kita. Berdamai dengan diri sendiri itu penting kalo gak gimana kita mau rukun sama pasangan kita? jangan tuntut pasangan kita A, B, C, sampai Z tapi kitanya sendiri yang bermasalah.

Buat para bride to be saya kepingin kalian menelaah lagi tujuan kalian menikah apa, jangan salah ambil keputusan dan cuma karena desakan semata. Kalo dibilang enakan single or married, enakan single lah gak ribet. Tapi kenapa tetap memilih menikah? hanya kalian yang tau jawabannya. Intinya keputusan di tangan masing-masing dan bertanggung jawab atas keputusan yang sudah kita ambil.







12 komentar :

  1. gua juga ngerasa sebel sama pertanyaan kapan punya anak atau buruan punya anak lagi... soalnya yang namanya anak itu kan bener2 ranahnya Tuhan... beda sama nikah yang bisa kita planning... ya punya anak juga bisa diplanning, tapi kalo Tuhan bilang belom waktunya, kita bisa apa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha begitulah ci, kalo kata temen sekarang antara kepo dan care tu beda tipis susah dibedakan haha

      Hapus
  2. Nie...dirimu udh bisa jd konsultan buat bride to be untuk menenangkan segala kegelisahan mereka memasukin ranah dunia baru yaitu pernikahan
    Kekny gw boleh nih belajar ma dirimu

    BalasHapus
    Balasan
    1. LOL konsultan bride to be begimana cik, masih jauh itu mah >.< klo ibarat rocker juga manusia, blogger jg manusia kok haha punya masalahnya masing2 haha. Justru ak yg hrs berguru ama ci mira cara urus 2 anak sambil jd istri sambil jd working mom :)

      Hapus
  3. Setuju Nie..tapi yg lebih ribet lagi itu orang2 disekitar yg ga tau kondisi kita kayak gimana tapi sibuk koar2 suruh/protes/nyinyir ini itu T__T
    Setuju juga sama tips bekerja kl tinggal sm inlaws, udah ngerasain sendiri xD
    Ai juga suka sebel kl ditanya kpn punya anak lalu kl udah dijwb ekspresi yg nanya suka mencemooh gt :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha i feel u fer.. senasib ya. Klo ak sih suka bales klo ud nyebelin orangnya. Tanya balik ke mrk.. ntr jg gk enakan sendiri.

      Hapus
  4. Lol, kadang kitanya selaw tapi orang sekitar yang rempong yaaa hahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. He eh.. kt yg idup.. mrk yg rempong.. klo rempong bayarin tagihan bolelah komen2 😂😂

      Hapus
  5. Setuju banget Nie sama tulisan kamu..
    Udah tau ribet, terus kenapa mau? hahaha.. Iya bener ya Nie, nanti pada tau lah ya rasanya kalo uda ngejalanin..

    Intinya kita suami dan istri ga boleh saling menuntut terus2an ya tanpa memahami kondisi pasangan kita, semua pasti ada plus minus, harus bisa juga menerima kekurangan dan kelebihan pasangan, yang mn sampai hari ini nyaris 3 tahun merried dan berarti 13 tahun bareng2 tetep aja masih ttp harus banyak belajar dan intropeksi diri.. Hhaha.. Krena biasanya ya gitu, maunya nuntut sesuai maunya kita, padahal di balik itu mungkin suami pun sudah sangat berusaha melakukan yang terbaik.. :O)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iyaa yaa ud tao ribet ngapa mao merid yaa.. *ngmg ke diri sendiri.
      Yepp2 setuju buang ego yaa.. saling melengkapi bukan nuntut ^^

      Hapus
  6. Ahh seneng banget baca tulisannya. Thank you for sharing Ci :)

    BalasHapus

Back to Top