Kamis, 27 Agustus 2015

Nikah itu mahal yaa. . .

Yappp bener bangett, makin tahun biaya nikah tuh makin mahal. Makanya buru" nikah sana, lol *mintaditoyor*

Knapa saya bisa ngomong gini? yaa masi melanjutkan cerita seputar JWF dan kebetulan sodara saya ancer" mau merid juga dan dia minta saya liatin dan mintain PL vendor" wedding. Daannn, apa yang terjadi? bikin sakit kepala liat harga" yang beredar. Yang paling bikin pusing sih vendor photography secara kami gak gitu suka foto ala" bridal ( yang prewed pake bridal jgn kesinggung yaa, IMO aja loh ). Mau vendor baru sekalipun udah masang tarif yang wow menurut kami. Mau bagus harga murah?? jauh dari harapan. Ada harga ada rupa emang. Yang harganya miring ada juga sih cuma gak sesuai selera *sokmodeon*.Kalo ambil paket bridal memang naiknya gak begitu drastis tapi ada charge" tersembunyinya ( mau murah jadinya mahal juga, tapi kalo kuat imannya sih gak masalah ). Intinya balik ke capengnya masing" dan budgetnya berapa. Awal" plan wedding saya juga sakit kepala minta ampun liat harga" vendor, mulai dr venue, bridal, photography, dst ( kemaren" aja udah mahal apalagi tahun" besok yaa ). Kalo saya akhirnya milih vendor lepasan bukan paketan karena banyak maunya dan balik lagi ke pribadi masing" sukanya gimana. Kalo lepasan enaknya bisa milih" sesuai keinginan tp budgetnya kudu lumayan juga ( kalo saya sih carinya yg masi masuk kantong tentunya, walo ujung"nya tetep bengkak ). Kalo yang gak mau pusing cari" or jarak weddingnya deket dan gak memungkinkan survei" mending ambil paket all in tapi kudu cari marketing yang bersahabat biar gampang tek tok-nya.

Tips dari saya buat yang mau wedding preparation :
1. Tentukan budget ! penting banget dan bijaksanalah mengelolanya :D ( siapin kalkulator dan buku catetan )
2. Tentukan prioritas. Mentingin letak venue or foto bagus or gown makeup bagus or dekorasi or catering enak
3. Survei dan mintain PL vendor" inceran sebanyak"nya biar tau bedanya apa aja. Khusus venue, bridal, photography, catering datengin langsung biar afdol
4. Om google adalah cara tercepat dapet info dan review bisa lewat wedding website or wedding blogger ( pamer blog sendiri )
5. Rajin ke pameran siapa tau dapet promo or grandprize :D
6. Rajin nanya temen yang udah merid. Malu bertanya sesat di jalan
7. Bikin group wedding yang isinya capeng" biar senasib sepenanggungan dan bisa tuker" info
8. Banyak" berdoa supaya dikasi rejeki lebih sama Yang Diatas ( tapi bener loh yang namanya married yakinlah pasti ada rejekinya ^^ saya juga merasakan dan semoga dicukupkan sampe nantinya )
9. Relax dan enjoy your wedding preparation. Moment ini cuma dateng 1x seumur hidup. Walau pusing, ribet, emosi, greretan tapi nyenengin dan pastinya bakal kangen sama masa" ini :) 

Oyaa, jangan dengerin juga omongan orang/temen/sodara yang suka nyinyirin kalian. Mereka gak tau cerita yang sebenarnya gimana kan. Dan sekali lagi yang terpenting adalah kehidupan setelah menikahnya bukan ceremonynya ^__^





Cheers,
Nie




22 komentar :

  1. Iya emang merit itu mahal dan tiap taun naik harganya..apalagi sekarang dollar makin mahal. Yang paling penting dalam persiapan wedding itu adalah sesuain sm budget imho...toh budget kecil ga berarti ga memorable..hehehe..semangatt capengg!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iyaa rib :D

      Yup yang penting SAH yaa XD

      Hapus
  2. nentuin prioritas dr awal emang paling penting, where to splurge, where to save.. hehehe.
    emang bener ya, harga vendor tiap thn naek nya lumayan byk.. sekitar 10% - 15%. jadi mesti siap2 kekep dompet deh kalo ke pameran. wkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iyaa sin :D kekep kenceng2 sama jaga mata lol !

      Hapus
  3. hooh2 bner bgt harga tiap eh ga tiap taun dink bisa jadi x ya per 3bulan skali naik ya Nie *ikutan pusing juga, hehehehe..
    yg plg penting itu emank budget ya en cari vendor yang emank sreg plek di hati :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa ci harus sreg dan plek di hati :D hahaha

      Hapus
  4. Tiap tahun pasti naik biaya merid, apalagi klo soal venue ckckckckckck jgn ditanya.

    Mau nambahin ja, jumlah tamu yg mau diundang jg ngaruh bgt ke biaya yg bakal dikeluarin nanti..

    Ditambah lagi printilan2 wedding lainnya, yg kadang dirasa biasa2 ja gak taunya cukup menguras kantong *biaya cetak undangan sm suvenir misalnya*

    Masing2 punya pertimbangan ya...
    Menurut gw klo semua wedding ingredients-nya udah lengkap, mau kecil atau besar pesta beserta hal2 pendukungnya yg penting qta enjoy & sesuai budget pasti semuanya lancar hehehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa venue soalnya makan biaya paling gede yaa Na XD

      Iyaa printilan kecil2 tapi banyak juga haha

      Yup yang penting enjoy dan sesuai budget kita yaa ^^

      Hapus
  5. dan yang terpenting harus punya mental siap berkorban Nie. klo semua mau yang bagus, akhirnya budget tembus 300 juta deh. Apalagi kalau undangan nambah banyak...hiks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mental siap berkorban maksudnya apa indri?

      Hehe sabar2 yaa :D badai pasti berlalu *cielah*

      Hapus
    2. Maksudnya siap berkorban ga bisa milih yang kita kepengen, hihi karena mesti stick on budget. thanks ya sistaa! hug*

      Hapus
    3. Yupp hrs pinter2 susun budget yaa XD haha emang susah sih, mau bagus tp harganya gk bagus haha. Hugg balik :)

      Hapus
  6. emaaaaangggggggg ...Nikah seadanya aja udah muahaallll, apalagiiii yg banyak maunyaa x_x
    balik lagiii ke budgettt, kalo emang memadahiiii yaaa rapopo ..
    setujuuuu sm ci Ribka, Budget kecilll bukan berarti ga memorable :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iyaa seadanya aja udah mihil yaa apalg banyak keinginan"nya :D

      Yupp yang penting maknanya :)

      Hapus
  7. Hooh. yang penting masih on track di budgetnya sih. Masalahnya kadang persiapan pernikahan itu kadang juga mirip saing2an juga. si A pake vendor A, gua juga harus kaya dia. hehehe.. :D itu yang kadang bikin kantong jebol. hehehe..

    balik lagi.. kebutuhannya apa. mau kaya apa. selama on budget, go ahead. Karena akhirnya juga ya udah.. semua tentang hari H tinggal disimpan didalam hati. hihihihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa jangan sampe karena mau saingan2 dan show off yaa ci :) thanks sarannya.
      Haha iyaa simpan dalam hati saja :D

      Hapus
  8. Bener, kalo ngikutin yang nyinyirin mah mau kayak apa juga ga bakal cukup dan bagus di mata mereka. Adaaaaaaaaaaaaa aja yang bisa dikomentarin. Meski semua harga makin mahal, yang penting sih kesakralan dan the happiness di hari H. Meskipun cuma pesta kecil tapi kalau semua orang bisa enjoy dan happy, akan jauh lebih bermakna dibanding pesta milyaran tapi yang cuma buat ajang pamer doang, di belakangnya mah... belum tentu antar besan beneran akur, pasangan suami istrinya beneran cinta :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adaaaa aja yee Lip :D

      Huahaha, yg terakhir sih yg paling sering konflik yaa X3

      Hapus
    2. Setuju banget sama Olivia juga ^^

      Hapus
  9. Hi nie.. in my case venue n dekor yg bikin sakit kepala. Untuk acara bbrp jam hrs keluarin biaya segitu rasanya ga worth it! Tapi apa daya request ortu.
    N bnr sih hrs bs menahan diri. jd cut budget ga perlu. Krn the point is after the wedding yg hrsnya jd highlight. Toh yg merit antara qta n pacar qta. Not the wedding party. After from the party,org2 jg ga inget lg detailny.yg pntg yg dtg bs enjoy aj. ^^

    BalasHapus
  10. Hi nie.. in my case venue n dekor yg bikin sakit kepala. Untuk acara bbrp jam hrs keluarin biaya segitu rasanya ga worth it! Tapi apa daya request ortu.
    N bnr sih hrs bs menahan diri. jd cut budget ga perlu. Krn the point is after the wedding yg hrsnya jd highlight. Toh yg merit antara qta n pacar qta. Not the wedding party. After from the party,org2 jg ga inget lg detailny.yg pntg yg dtg bs enjoy aj. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yepp dekor sekarang juga ambil jatah biaya yg ckup wow yaa XD

      Iyaa sih kadang org2 juga gk inget pesta kt kaya apa. Simpan dalam hati aja kalo kata ci Evita :D

      Hapus

Back to Top