Jumat, 06 November 2015

Menghitung Porsi Makanan

Heihoo semuanya apa kabar??

Lagi berasa semangat banget untuk nulis blog tapi kudu dipikirin ide postingannya apa biar para readers gak bosen baca blog ini trus closed window,  xixi :)

Ide nulis sering muncul gegara baca postingan di blog orang trus jadinya gatel pengen bahas yang mirip-mirip *gak kreatif banget nih blogger* 

Sebisa mungkin saya pengen bahas yang berhubungan dengan weddingan biar para bride to be bisa menjadikan blog ini sebagai one stop solution cielah sok bener  .So, misalnya kalian ada ide / saya ada kelupaan topik untuk di bahas monggo dikasi masukan biar blog ini isinya bermanfaat bukan sekedar ajang curhat bagi ownernya :D

Ide postingan kali ini saya dapet MissNaa alias Nana juga ( duh banyak banget sih yang namanya nana, trus saya nini jadinya nana nini deh, lol ! ). Buat nana saya izin pake namanya yaa :)

Si nana ini lagi kepusingan soal jumlah porsi makanan saat resepsi, saya sendiri juga awalnya gak ngerti sama urusan begini, yang saya tau kalo jumlah undangan misalnya 500 berarti jumlah porsi minimal harus ada 2x lipatnya yaitu 1000 porsi dengan asumsi 1 undangan untuk 2 orang. Nah belum lagi soal menghitung pondokan, gimana lagi tuh caranya?. Sebagai calon ibu negara di Rumah Tangga kelak prinsip ekonomi harus di pergunakan disini. Jangan sampe mesen kebanyakan trus mubazir dan jangan pula kedikitan trus tamu-tamu yang terlambat gak kedapetan makan. 

Oke daripada kepanjangan saya mau coba jabarin gimana cara penghitungan porsi makanan yang simple dan praktis buat para readers, info ini saya dapet dari Pak Anjar selaku marketing di venue saya ( kalo ada salah tafsir mohon koreksinya yaa ).
Contoh :

Jumlah undangan yang akan di cetak : 500 undangan
Asumsi jumlah tamu yang hadir : 500 x 2 = 1000 orang

Buat persentase antara buffet dan pondokan, kalo menurut Pak Anjar 80% ( buffet ) : 20% ( pondokan ). 

Khusus pondokan hasilnya nanti dikalikan 4.

Jadi porsi yang di perlukan untuk tamu sebanyak 1000 orang yaitu :

Buffet : 80% x 1000 = 800 porsi

Pondokan : 20% x 1000 = 200 porsi x 4 = 800 porsi

Gimana? mudah kan? 

Persentase bisa di ubah sesuai kebutuhan contoh kalo yang dateng kebanyakan anak muda biasanya lebih memilih pondokan dibandingkan buffet ( persentase bisa 70 : 30 atau 60 : 40 ). Saran saya coba rundingkan dengan catering pilihan kalian karena besar porsi catering A dan B belum tentu sama. Oya, jika tanggal pesta kalian merupakan musim wedding harus dilihat juga persentase tamu yang tidak hadir supaya jumlah makanan pas dan tidak berlebihan. 

Untuk menu-menu pondokan kalo bisa pilih menu yang mengenyangkan untuk menjaga buffet agar tidak kekurangan. Kalo sistem catering di gedung biasanya menggunakan pax jadi jika ada kekurangan pax bisa di confirm ke pihak catering sebelum hari H. Sedangkan di restoran sistemnya piring jadi jumlah tamu = jumlah piring. Ada plus minus antara sistem catering dan restoran. Bijaklah dalam memilih mana yang paling cocok dengan pesta kalian. Kalo saya menggunakan sistem pax jadi jumlah pax harus di confirm sebelum hari H.

Kalo kasus saya awalnya saya deal 400 pax di Taruma tapi belakangan saya naik ke 600 pax karena jumlah undangan saya 350 dan bakal nambah beberapa pondokan. Kalo menurut Pak Anjar sih saya gak perlu nambah pondokan terlalu banyak karena jumlah pax saya lebih dari cukup tapi ya mendingan kelebihan sih daripada kekurangan. Untuk detailnya mungkin di bahas saat test food dengan pihak Dynasty catering.


Semoga info ini bermanfaat yaa :)









20 komentar :

  1. Oooo begitu sis nini, terimakasih atas masukannya wkwkwkww

    BalasHapus
  2. sempet drama juga nih pas nentuin porsi makanan, hahaha ..
    God bless your preparation niiii :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi pasti ada aja yaa der drama2 nya asal jgn kebangetan deh dramanya T_T

      Hapus
  3. Makanan oh makanan sll bikin galau. Kebanyakan sayang, kekurangan malu. Bingung kl 1 undangan bwt 1 team. Gmn cara asumsiin dtg nya brp. Disitu galaunyaa. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo 1 team sih km kira2 aja x yaa dateng smua apa gak, klo ak ttp itung jumlah orangnya walo 1 undangan beramai2 sel :)

      Hapus
  4. huahahaha akhirnya buka topik ini juga! XD
    iyah nih nama Nana banyak beuddd hahah tandanya nama Nana tu bagus wakaka (#apasih)
    okehh berarti porsian gue pas.. tenang dehh.. fiuhh~

    thanks Nie, bagus banget infonya. PASTI berguna buat capengs lain....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha maap yaa namanya di pinjem :)

      Iyaa kalo di liad2 porsian km pas kok na ^^

      Yep semoga membantu capeng lain yaaa

      Hapus
  5. Asiikk.. makasih sis Nini infonya.. mari mulai berhitung.. hahahaha.. :D smoga kekurangan dan ga kelebihan banyak bgt..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha ayoo mulai itung2an :D

      amin amin smoga lancar yaa semuanyaaa :)

      Hapus
    2. ebuset,,salah ketik diriku ni.. harusnya semoga ga kekurangan dan ga kelebihan banyak bgt.. haahahaha..

      amiin2 ni.. u too yaa..

      Hapus
  6. Nie, kalo ga perlu nambah pondokan terll banyak (kayak kata Pak Anjar) enak loh, bisa lebih berhemat secara pondokan mahal T.T

    BalasHapus
  7. iyah Nie setuju sama Ping".. nambah pondokan mahalll dan cepet abisss pula *curcol hahaha... dan bener prinsip kamu Nie. lebih baik lebih daripada kurang.... semangat Nieeee....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iyaa mahal emang rit XD ntr coba di hitung2 dl yaa :)

      Hapus
  8. Itung porsi makanan adalah hal yg paling g males tu, ni..wkwkwk. jdnya kmrn pasrah ajeh deh. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha udah lewat shal gausa di pikirin lagi :3 untungnya hari H ckup kan makannnya?

      Hapus
    2. Menurut crt wo sih cukup. Wkwkwk

      Hapus
  9. Itung porsian makan emang bikin pusing Nie... Gw jg dulu gt, klo pondokan yg rame biasanya yg kaya cemilan2 gt Nie wkwkwkwkwk...
    wkt gw merid itu pondokan ud lgs diserbu hahahaha... gw mo cobain ja ga bisa udh ludes wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha pengantin gk bakal kebagian Na XD emang ribet yaa urusan buffet dan pondokan ini >.<

      Hapus

Back to Top