Jumat, 22 Juli 2016

Wedding Preparation : Premarital Check Up

Mungkin saya termasuk yang konsen soal cek2 kesehatan untuk urusan perweddingan ini. Kebanyakan temen saya yg mau merid gak terlalu musingin soal premarital checkup ini ( saya singkat PC aja ya ). 

PC itu apa sih? saya googling dan nemulah artinya dibawah ini ( sumber : http://stikesindramayu.ac.id/read/147/premarital-check-up.html )

Pemeriksaan kesehatan pranikah ( premarital check up ) adalah sekumpulan pemeriksaan untuk memastikan status kesehatan kedua calon mempelai laki-laki dan perempuan yang hendak menikah, terutama untuk mendeteksi adanya penyakit menular, menahun, atau diturunkan yang dapat mempengaruhi kesuburan pasangan maupun kesehatan janin. Pemeriksaan ini dapat dikatakan sebagai tindakan pencegahan terhadap masalah kesehatan terkait kesuburan dan penyakit yang diturunkan secara genetik.

Tujuan utama melakukan pemeriksaan kesehatan pranikah adalah untuk membangun keluarga sehat sejahtera dengan mengetahui kemungkinan kondisi kesehatan anak yang akan dilahirkan ( riwayat kesehatan kedua belah pihak ), termasuk soal genetik, penyakit kronis, penyakit infeksi yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan keturunan.

Ya untuk lengkapnya langsung japri ke sumber di atas. Gimana? udah paham toh arti PC? 

Dulu saya pernah cerita kalo saya vaksin HPV di bulan Desember 2015 dan bulan Juni 2016 kemaren akhirnya saya lulus vaksin ke 3 *yippie*. Langkah selanjutnya adalah PC. Sebenarnya penting apa engga kita melakukan PC ini tergantung pribadi masing2. Kalo dulu pas saya BPN katanya boleh iya boleh engga.Terserah si calon pengantin.

Waktu vaksin HPV saya sempet menanyakan ke dokter D apakah penting PC itu. Kalo bagi dokter ya penting tapi balik lagi ke calon pengantinnya, merasa penting apa engga. Kadang calon pengantin itu udah kepusingan soal urusan weddingnya dan menganggap PC itu bisa dilakukan nanti2 di tambah kalo PC artinya menambah anggaran belanja perweddingan kan. UUD ujungnya yah pemirsah.

Kalo saya nanya ke Brown, dia jawabnya sih terserah. Intinya dia mah ngikut aja ya, hihi. Apalagi waktu baca blognya Olip yang membahas soal rhesus. Makin mantep saya untuk melakukan PC.

Setelah googling, nanya sono sini tentang PC, selanjutnya mencari laboratorium atau klinik atau RS untuk melakukan PC. Dulu saya sempet mantap mau ambil di klinik tempat saya vaksin HPV. Tapi karena ada beberapa pertimbangan saya memilih di tempat lain. Akhirnya saya mutusin buat cek di laboratorium dekat rumah bukan di RS atau klinik. Di lab ini tersedia bermacam2 paket checkup yang bisa di ambil sesuai kebutuhan. Soal harga, lebih terjangkau dibandingkan Pr*dia ( yaa karena menang nama sih ).

Berikut saya jabarin isi Panel Premaritalnya :
1. Darah lengkap
2. Urine lengkap
3. Golongan darah + rhesus
4. Glukosa Puasa
5. Glukosa 2 jam PP
6. HBs Ag
7. VDRL
8. Anti HCV
9. Elektrofesa Hb

Waktu saya cek panel PC disini ternyata lebih sedikit dibandingkan panel PC Pr*dia. Biasanya untuk wanita ditambahkan Anti Toxoplasma, Anti Rubella, Anti CMV, dan Anti HSV II. Kalo yang ada itu semua masuknya ke Panel Kehamilan. Bingung deh jadinya harus ambil yang mana. Tanya2 sama petugasnya katanya dulu dimasukkan, tapi karena ada juga pasangan yg memilih menunda punya anak dan jadinya yang di cek terlalu banyak maka di hilangkan ( biasanya kalo menunda terus akhirnya hamil, dokter bakal minta cek ulang ). Nah atas penjelasan itulah ( saya memang sempat baca soal dokter suka minta cek ulang meskipun kita udah pernah PC ) saya memilih ikutin saran petugas labnya. Menurut saya panel yang di sediakan isinya udah lumayan lengkap dan wajib di cek. Oyah, saya gak ambil mengenai analisa sperma dan cek sel telur juga. Bukan karena topiknya sensitif tapi bagi saya dan Brown soal anak itu anugerah Tuhan jadi ada istilahnya "sedikasinya" aja. Tapi kalo mau cek yaa monggo silakan.

Karena ada pemeriksaan Glukosa Puasa maka malam sebelumnya kita gak boleh makan apa2 selama 10-12 jam ( minum air putih boleh ). Kalo soal urine dikasih 2 botol kecil sama petugasnya jadi bisa dibawa dari rumah ( jaraknya maksimal 2 jam harus udah sampe di lab ). Abis itu darah kita di ambil dan 2 jam kemudian setelah makan balik lagi ke lab untuk cek Glukosa 2 jam PP. Hasil lab bisa di ambil 2 hari kemudian. Dan Puji Tuhan hasilnya udah keluar dan normal kecuali LED ( Laju Endap Darah ). Katanya sih ada infeksi ringan bisa karena sakit atau dehidrasi. Saya berdoa semoga saya dan Brown plus keluarga kami diberikan kesehatan terus supaya semuanya bisa berjalan dengan lancar.

Begitulah pengalaman saya dan Brown menjalani premarital check up. Saya gak mewajibkan para capeng untuk PC sih, itu balik ke pribadi masing dan kalo di rasa perlu, ya lakukanlah, tapi kalo enggak merasa perlu ya gausah.


Happy Weekend,
Nie

13 komentar :

  1. bagus ya Nie hasil keseluruhannya :)
    Jadi kepingin PC juga nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe bole2 aja tashya klo mau PC :) biar lebih jelas kondisi kesehatannya

      Hapus
  2. Puji Tuhan bagus ya Nie hasilnya ^^ Tokso Rubella dll itu aku pernah dikasitau kalau hasilnya cuma valid untuk jangka waktu sekian, jadi kalau seandainya udah test dari sebelum nikah, trus baru hamil setahun kemudian, hasil test yang kemaren itu dianggap udah ga berlaku. Sayang ya jadinya, padahal itu mihil loh, jutaan kalo ga salah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Lip :)

      IYaa makanya daku gk ambil dulu deh, bener harganya juga jutaan emang lebi murah klo ambil paketan sih :)

      Hapus
  3. Bagus ya Nie hasilnya. Tapi iyalah, kamu kan sehat juga pola hidupnya. Menurutku mayoritas yang masih muda pasti lebih kecil kemungkinan kenapa napa.

    Hmm, sepertinya saya perlu membahas soal premarital check up juga nih. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha sehat gmn cc indri? ak mah jarang olahraga XD suka ngemil pulak *makanya gk pernah langsing* lol~

      Iyaa bahas aja cc indri :)

      Hapus
  4. aku termasuk yang gak ngecek, karena takut. takut nemuin yang kaga2. ahahahaha.. jadi pas hamil, cuma test tokso aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untungnya gak kenapa2 yaa ci.. ^^ pc itu lebi ke buat jaga2 aja sih mnrt ak..

      Hapus
  5. Wah Nie udah cek lega yah rasanya, gue masi ragu nihhhh mau cek apa ga hahahaha, males k rs nya hahahaha, yah smoga secepatnya periksa dan hasilnya bagus juga seperti Nie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa lumayan lega orin..tadinya kan masi abu2 gitu.. klo ud cek lebih yakin pastiny ^^

      Hapus
  6. Nie, setuju kl Premarital test penting bgt. Bagus deh kl hasilnya semua OK. Hehehe. Aku rencana mau vaksin HPV dl thn ini. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupp.. vaksin hpv dlu aja ^_^

      Hapus
    2. Yupp.. vaksin hpv dlu aja ^_^

      Hapus

Back to Top