Selasa, 12 Mei 2015

Rumah VS Apartemen

Gak di pungkiri ini menjadi hot topic bagi capeng2 yang mau merid, nanti abis nikah tinggal dimana? hayoloh !
Ada beberapa jawaban yang bisa di berikan :
1. TMI alias Taman Mertua Indah
2. Dikasih rumah/ apartemen sama ortu
3. Sewa rumah/ apartemen
4. Beli rumah/ apartemen
5. dll

Kalo no 1 bagi saya sih BIG NO ! alesannya? yaa semanis2nya buah pasti ada yang asem ato paitnya toh ( perumpamaan bikinan sendiri *abaikan* ), bukannya mau jadi anak durhaka tapi namanya berkeluarga maunya mandiri dan bebas dr pantauan ortu. Tapi gak jarang juga sih ada yang bisa akrab kaya lem sama perangko. Kalo opsi 2 sih pasrah aja dan terima beres tanpa usaha jadi tinggal nerima aja mau dikasih rumah/ apartemen sama ortu. Kalo no 3 alias nyewa rumah/ apartemen itu ibarat uang "mati" menurut koko ipar saya, kenapa? yaa iyaa apalagi kalo harga sewanya mahal, sayang banget keluar uang tapi gk dapet apa ( yaa dapet tempat tinggal sementara sih ).

Nah yang mau saya bahas disini tentang nomor 4 beli rumah atau apartemen. Well, topik makin berat karena saya tinggal di jakarta dan disini ini cari rumah yang masuk budget itu susaaaahnyaaa minta ampun T_T apalagi saya dan Brown lagi nabung juga untuk dana merid so beli rumah rasanya jauh dari bayangan kami. Kami pun beralih ke apartemen yang jadi idola pasangan muda saat ini. Yep, ada plus minusnya memang coba saya jabarin : ( Sumber : google )

Plus :
1. Lokasi strategis
2. Fasilitas lengkap
3. Sistem keamanan 24 jam
4. Simple
5. Tidak perlu repot urusan tagihan rekening, kebersihan, dsb

Minus :
1. Tidak bebas seperti tinggal di rumah karena harus mematuhi aturan dr pengelola
2. Service charge yang cukup mahal
3. Kurang bersosialisasi
4. Nilai investasinya lebih rendah di banding rumah
5. Sertifikat berupa Hak Guna Bangunan bukan Hak milik

Ya apapun pilihannya menurut saya tergantung kesepakatan bersama, siapa sih yang gak mau punya rumah? semua mau kan tapi harus realistis juga. Karena saya masi buta soal beginian saya jadi suka browsing cari info/ harga tentang apartemen, tanya2 temen yang tinggal di apartemen, dsb intinya sih membanding2kan mana yang terbaik buat saya dan Brown, harga apartemen pun beragam tergantung lokasi dan fasilitas yang tersedia. 

Berikut beberapa tips sebelum membeli apartemen ( Sumber : google lagi )

1. Waktu Pembelian 
Usahakan melakukan pembelian apartemen diawal. Di dunia properti dikenal dengan istilah pre-launch, yaitu penjualan sebelum properti dibangun. Harga apartemen pre-launch biasanya lebih murah daripada harga setelah launch atau apartemen sudah jadi. Kekurangannya adalah, Anda tidak bisa langsung menempati unit apartemen yang Anda beli. Pastikan juga Anda membeli apartemen dari developer yang berpengalaman dan jelas track record nya, karena banyak terjadi kasus pembelian apartemen yang gagal karena adanya developer nakal.

2. Lokasi dan Keberadaan Fasilitas Umum
Penentuan lokasi menjadi syarat utama dalam membeli apartemen. Lokasi apartemen yang tepat akan lebih memudahkan mobilisasi Anda, oleh karena itu pembangunan apartemen biasanya dilakukan di daerah – daerah sentral bisnis. Jika Anda telah menentukan lokasinya, selanjutnya Anda mencari apartemen mana saja yang ada di daerah tersebut. Sebaiknya Anda memilih lokasi apartemen di jalan utama atau dekat fasilitas umum, karena tingkat kenaikan harga properti lebih tinggi. Lokasi dan fasilitas penunjang yang dimiliki suatu apartemen akan menentukan nilai investasi apartemen tersebut untuk masa mendatang. Selain itu, keberadaan fasilitas sangat penting untuk menunjang kegiatan Anda sehari-hari. Semakin banyak fasilitas umum yang tersedia di sekitar apartemen, semakin memudahkan Anda untuk beraktifitas.

3. Tempat Parkir dan Biaya Perawatan Bulanan
Suatu bangunan apartemen biasanya dilengkapi dengan fasilitas parkir yang disesuaikan dengan unit yang tersedia. Pastikan sebelum membeli apartemen tentang hak – hak Anda menggunakan lahan parkir, biasanya ada biaya tambahan yang dibebankan apabila Anda menggunakan lebih dari 1 (satu) lahan parkir.
Selain keberadaan tempat parkir, besarnya biaya perawatan bulanan perlu Anda perhatikan. Pilihlah apartemen dengan biaya perawatan yang sesuai dengan kemampuan Anda. Biaya perawatan ini dikenakan terhadap fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh apartemen, seperti: keamanan, kebersihan, air, listrik, TV kabel dan lain – lain. Untuk beberapa apartemen juga membebankan biaya pengelolan tahunan yang harus dibayarkan pemilik sesuai dengan unit yang dimiliki.

4. Status Tanah dan Kelengkapan Dokumen
Sebelum menentukan pilihan dalam membeli apartemen perhatikan dengan cermat status tanah apartemen yang akan Anda pilih. Pastikan tanah bukan tanah sengketa atau berstatus sewa lahan, karena akan membawa masalah di kemudian hari.
Pastikan juga kelengkapan dokumen – dokumennya, anda bisa meminta bantuan jasa notaris untuk memeriksa kelengkapan dokumen yang Anda miliki. Untuk pembeli yang melakukan pembelian secara tunai harus ekstra hati – hati, periksa dulu sertifikat dan kelengkapan bukti pembayaran, jangan sampai kehilangan satu dokumen pembelian karena bisa menghilangkan hak Anda untuk memiliki apartemen tersebut. Sedangkan untuk pembeli apartemen secara kredit akan sedikit berbeda, karena pihak Bank biasanya akan memastikan kelengkapan dokumen, sehingga kejelasan dokumen untuk pembelian apartemen secara kredit akan lebih jelas.

Menurut kalian gimana? rumah atau apartemen?


15 komentar :

  1. Kalo aku sesuai kemampuan aj, kl mampunya rumah ya rumah, kalo mampunya apt ya apt..jgn ampe maksa ujung2 nya ngutang..
    Rumah itu bayangan ku baik buat keluarga si..nanti anak2nya bs main ditaman2 gt..dan luas plus sirkulasi udaranya bagus..
    Tapi apt skrg jg ud kasi konsep2 yg bagus jg bwt keluarga..
    Dan rmh kl dijkt itu ud muahall
    Semua keputusan ada plus minusnya sendiri2 si ni..haha..
    Ga menjawab pertanyaanmu..hahaa..krn cami ud ad rumah sendiri dicikarang , itu kn bkn jakarta.. dan dana kita ud abis bwt merit dll..so aku akn tinggal disana dgn minusnya adl transportasi yang mahal dan waktu terbuang di jalan
    Beda kalau kita sewa/beli apt yg mungkin lbh murah biaya transport dan waktunya lbh ga kebuang..
    Tapi kita ga ada dana lagi bwt sewa or beli apt..itu rumah aj masih kpr..dan emang krn cami kerja karawang si..(tp aku sunter..hiks).jdnya rumah dicikarang(luar jakarta)mang jd pilihan buat kita..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa gapapa ricka, makasi yaa masukannya ^^

      emang ada plus minus makanya keputusan bersama adl jalan yg terbaik sambil tetep berusaha, yaa mau dimanapun ak rasa yang penting kita dan pasangan kita sama2 nyaman dan komitmen dr awal, semangat :)

      Hapus
  2. Apartment pilihan yg plg ok utk Jakarta saat ini ya sepertinya (sok teu) di tunjang fasilitas juga n strategis (klo cari yg strategis ya). Meskipun Rumah yg di ujung dunia sbnernya jg sdh menyediakan fasilitas shuttle bus (klo malas nyupir sendiri) utk mencari segengam berlian di Jakarta, tapi ya ujung2nya habis di jalan (umur) waktu nya.

    Mungkin beli Apartment dulu kali ya, sembari nabung biar bisa ke beli rumah yg di pengenin (amin).

    @Ricka Octavia: hi, posisi km sdh di tengah2 tuh Antara Karawang dan Jakarta he he he. Skrg di cikarang jg dah byk shuttle bus kan ya, jd bisa tuh di manfaatin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi sis buat sarannya ^^ iyaa sih bener drpd habis waktu di jalan dan harus bangun pagi2 better pilih apt :)

      Hapus
    2. Iya banyak retno..tp tetep spt yg nini bilang aku hrs brkt sblm matahari terbit dan pulang stlh matahari trbenam..hahhaa

      Hapus
  3. Nie.. Kalo dari gw.. rumah atau apartment tergantung 2 hal utama: dana, dan prioritas.
    Misal dana yang cukup itu untuk apartemen di tengah kota atau rumah di luar kota, nah skrg prioritas, jarak atau ukuran (dengan asumsi rumah lebih besar dr apartment) dan juga masalah izin punya atau ijin tempatin doank. Hehe..
    Smangat ya nie nabung2nyaa.. Hehe.. Soalnya sekaligus ya buat merid dan tempat tinggall.. hehe.. Jiayou!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iyaa fan thanks masukannya yaa ^^ semangat2

      Hapus
  4. kalo aq sih untuk sementara ini kayaknya prefer ke apartment ..
    soalnya kita rencana untuk berdua dulu alias nunda untuk punya anak ..
    nah krna itu keknya kita lebih prefer ke apartment aja, ga perlu gede n mewah yg penting sesuai budget n lokasinya oke ..
    you'll get the better one :) ciayooo

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, derry juga ntr di apt? :) dimana der? yup2 bener yg penting ssuai kemampuan kita yaa ^^ thanks

      Hapus
  5. kalo liat harga jual rumah saat2 ini, better ambil apt ya Nie soalnya harga rmh di jkt aje gile mahalnya *sesama korban mau beli rumah tapi dana terbatas, hehehehe..
    tapiiiii selama itu jadi keputusan kalian b2, mau rmh tow apt semua akan oke2 aja Nie yang penting kalian nyaman en ga terll ngebebanin kalian secara finansial. mksdnya, pilihlah yang masih terjangkau buat kalian b2 jadi kalian sama2 enak ngejalaninnya :)
    smangatttt Nie sayangggg *hugs* pasti ada jalan baik buat lo en mr. Brown :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi cici :* hugss balik ^^

      Hapus
  6. Kalo ditanya rumah atau apartemen pasti maunya rumah yah.. secara emang udah fixed banget. sertifkatnya juga jelas.. tapi balik lagi.. menurut aku liat dananya.. kalo emang baru bisanya apartemen yah why not. hehehe.. cuma bener nie. cari developer yang bener. karena kalo beli yg bener2 dari O emang ngeri bener.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iyaa ci thanks masukannya, iyaa pili2 developer yg aman itu penting banget yaa :)

      Hapus
  7. aku sementara di TIM. Hahaha. Jadi yang waktu itu nganterin kuku ke rumah itu, sebenernya rumah mertua :P Yah mudah-mudahan sih bisa segera beli apartemen sendiri juga kayak nini dan brown, tapi pengennya masih tetep deketan ama mertua juga sih tinggalnya hehehe. Btw aku sebenernya naksir banget nget nget nget ama townhouse city resort loh Ni. Tapi katanya daerah situ tanahnya agak bermasalah :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooo~ itu rmh mertu tohh.. yg anter sodara ak sih bukan ak lip :)

      Iyaa cari lokasinya sih enakan deket2 rmh mertu dan ortu kita yaa ^^

      Amin amin Lip semangat :D *pecutsikoko*

      Hapus

Back to Top