Senin, 10 Oktober 2016

Review : Invitation - R*d Card

Sebelum memulai reviewnya ada baiknya baca dulu link ini 

Sesuai judulnya kali ini saya mau curcol soal pembuatan invitation wedding di R*d Card, awalnya saya mantep memilih vendor ini karena review salah seorang blogger, menurut pengalamannya sih oke2 aja dan tampaknya si koko owner melakukan tugasnya semaksimal mungkin. Saya pun deal dengan vendor ini di salah satu pameran dan semua detail pemesanan di tulis dalam nota. 

Karena suka baca pengalaman cetak undangan itu rada2 ribet, sekitar bulan Februari saya udah kirim data yang harus di isi dan bahas soal design dengan ownernya melalui WA. Singkat cerita setelah beberapa kali tek tok soal design akhirnya bisa maju ke acc warna di bulan April. Sebelum lanjut saya setuju sama review yang di bahas blogger itu yang bilang kalo masalah design vendor ini kurang oke dan kreatif, tapi saya pikir design saya juga gak rumit kok. Sebenarnya di hasil acc design masih ada yg kurang menurut saya, di design logo ada hiasan berupa titik2 kecil namun si owner kayaknya susah banget bikinnya sampe harus beberapa kali revisi di bagian yang sama. Terakhir ada 1 titik yg agak menyambung ke titik satunya saya tutup mata saja karena gak selesai2 kalo di terusin ( dan yang gak saya sadari ngaruh di emboss doff pas udah jadinya terlihat kayak garis - 2 titik tersambung ) *sigh*. 

Okelah selanjutnya dari acc warna semua berjalan lancar dan saya tinggal menunggu kapan jadinya undangan beserta souvenir memo. 

Akhir Mei saya tanya undangan saya gimana di jawab memonya kurang 15 pcs, saya bilang cetak saja daripada kurang soalnya masih ada waktu. Lalu Juni pertengahan saya dikabari kalo sudah selesai dan saya disuru melunasi sisa pembayaran. Oke saya lunasin dong ya biar barang bisa di ambil. Wktu saya cek totalan pembayaran kok kurang dari yang sudah saya estimasi. Orderan saya itu 350 undangan dan 400 memo tapi karena takut kurang saya tambah 50 50 lagi jadi 400 undangan dan 450 memo. Pas di cek ternyata ownernya lupa sama tambahan saya itu. Padahal saya udah email di bulan Maret dan ingetin lagi pas acc warna. 

Selesai semua pembayaran dan yang ambil bukan saya tapi karyawannya Brown. Waktu saya cek undangannya ada beberapa yang cacat dan si owner bersedia menggantinya. Hasil undangan cukup rapi tapi cetakannya saya kurang puas di bagian logo yang ada titik2 tadi dan karena undangan saya itu sistemnya di print ( bahan dasarnya jasmine ivory trus di print dengan warna maroon ) jadi warnanya gak semuanya persis sama, ada yang ketuaan ada yang kemudaan. Okelah saya gak terlalu masalahin cuma menyayangkan aja agak kurang sama ekspektasi. 

Kekesalan saya muncul saat melihat memo souvenir kenapa tipis sekali. Seinget saya isinya 100 lembar softcover. Waktu saya cek nota bener isi di tulis 100 lembar. Saat konfirm ke ownernya malah kesannya dia ngeles gitu tapi akhirnya ngaku kalo dia salah nulis invoice. Menurut dia seharusnya dengan harga yang saya deal gak dapet isi 100 tapi 50 ( well pas saya hitung lembarannya cuma 44 lembar bukan 50, katanya sih emang gitu ambilnya di takar ). Saya sih gak tau yaa soal harga2 memo yang saya mau cuma pesenan saya sesuai dengan nota, harusnya kalo dia tau salah harga kenapa gak di cek dulu? akhirnya ditawarilah win win solution dengan merefund uang memo itu dan saya mengganggap dia kayak mau lepas tanggung jawab, Karena udah keburu kecewa saya gambling okein dan harus mulai dari awal lagi cari vendor souvenir. Pikiran udah campur aduk karena tinggal 2bulan lagi dan sudah mau lebaran which is makin memperpendek waktu untuk cari vendor karena pasti banyak yang sudah mau libur. 

tulisan tangan si owner, mungkinkah dia salah tulis?
Refund dijanjikan awal Juli tapi sampe pertengahan Juli belum di refund juga. Saya kesel dong dan protes dan kita berargumen di WA ( chat terlampir ) disini makin kelihatan si owner makin gak bersahabat. Wajar gak sih saya emosi? wajar gak sih saya protes karena hasil jadinya gak sesuai dengan pesanan? tapi sang owner seperti gak ada empatinya dan malah asik liburan. Akhirnya uang saya di refund dan sisa undangan yang kurang di kasih setelah itu saya gak ada contact lagi dengan si owner. 

Biar gak di bilang mencemarkan nama saya blur nama contactnya 

Saya masih bisa terima hasil undangan gak sesuai sama ekspektasi, beberapa undangan yang cacat dan kurang rapi masih saya lewati tapi saya gak terima kalo sang owner attitudenya seperti itu. Tampangnya sih kaya orang berpendidikan tapi sombongnya selangit. Sempet juga saya denger kenalan saya yang pake vendor tsb juga mengeluhkan hal yang sama. Kesimpulannya saya sangat tidak merekomendasikan vendor ini dan kalo yang udah terlanjur deal sebaiknya pantau terus dan minta hasil jadi sesuai dengan deal awal yang tercantum di nota. Saya tidak bermaksud menjelekkan sang owner tapi saya sebagai customer juga berhak menyuarakan kekecewaan dong yaa.

Semoga hal ini gak terjadi lagi di kemudian hari dan readers bisa mengambil pelajaran dari postingan ini :)  

Score : 20/100

Have a nice day,
Nie





23 komentar :

  1. Ihh gilakk.. Ada orang sudah salah masih ngeyel gitu ya.. Ikutan gemes baca wa-nya.. Ga banget deh vendor bgini..hih..

    BalasHapus
  2. Baru ajah td pagi aku iseng2 nanya by WA lho, tp ngk lanjut sih nie karena harganya jg termasuk mahal sih menurutku.. Baca cerita kamu klo uda tau mahal trs perlakuannya kayak gini sih angkat tangan deh.. Blacklist dhe dr list ku..

    Maaci Nie reviewnya nolong bgttttt!!
    :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha bukannya mo matahin rejeki orang sih, cuma harganya termasuk standart gk murah kok, malahan temenku ada yg dapet lebi murah pelayanan lebi oke. Ya murah bukan brti murahan , mahal jg lom tentu bagus sih. pinter2 aja menerawang calon vendor :)

      Hapus
    2. Ak bandingin vendor lain sih hrg dia lebih mahal di banding yg lainnya, aku di quote 15rb dgn pcs yg sama dgn km punya.. Mungkin krn kamu deal di pameran jd dapet hrg lumayan ya..
      Huahahahaha Parahhhh yaaa...
      Kata2 yg soal "ini undangan udah saya murahin lho" seakan-akan itu kita kan minta murah ya uda dptnya juga murah dari pelayanan, bahan, dll jd ngk usah komplen..

      Hapus
    3. hah? kayak ak 15rb? mau cepet kaya kali tu >.< engga tau jg sih tapi adel* card ak perna tanya model sama dapet kok 9rb lebih cakep cuma emang klo adel* hrs dalam 1thn maunya gk bs jauh2 hari.
      Iyaa murah tapi di sepelein juga males kan *jd emosi lg* LOL

      Hapus
  3. Puk..pukk.. Sabar yah sista 😘 walopun eke geregetan juga sih.. Bisa buat pelajaran bagi capeng yg lain klo deal vendor.. Dan semoga si vendor bisa bekerja lebih profesional lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa ron2 pelajarn buat km nanti yaa :) semangat pencarian vendor

      Hapus
  4. Wah Nie nyebelin juga ya ownernya agak gak profesional gitu. Mungkin dia gak tau kalo kamu bakalan review di blog, terus di akhir2 ngomongnya malah tambah nyebelin.

    Kalo warna undangan gak sama juga sebenernya agak nyebelin sih. Apalagi buat orang yang maunya perfect gitu kan mana bisa terima ya kalo warnanya beda. Undangan aku juga dasarnya ivory gitu kok, cuma hasil warna printnya sama semua. Berarti dianya yang kurang oke kali ya.

    yang sabar n gak usah dipikirin lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa XD begitulah tashya, apalagi ak orangnya perfeksionis juga cuma berusaha nerima hasilnya gitu, itu aja ak sortirin 1 1 yg masi oke ak lewatin walau emang hasil warnanya ada yg belang2 dan masalah logo juga kurang puas bgt :( okelah sudah lewat dan udah terjadi

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Gilaaa.... aku baru baca..
    parah banget!! dikira uang kembaliin uang bisa selesein masalah x ni ... H-3 bulan sesuatu buat kita ..
    emosi kita juga lagi ga stabil pikiran pritilan ini itu ...
    mentang" udah terkenal jd ga masalah tuh kaya gitu .. ckckck
    Ampunn dahhh parah bangettt ...
    *Geleng" ...


    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iyaa tu ren XD gak tau apa kita bs jd bridezilla, ud pengen kelarin 1 1 eh ini malah dikasi kerjaan lagi cari vendor baru

      Hapus
  7. fiuuhh,,too bad yaa respon si owner.. tapi untungnya semua udah berlalu n bisa dapet pengganti souvenir yg lebih ok yaa.. ditunggu next reviewnya nini.. ^^

    BalasHapus
  8. yaowo Nie, ga banget ya itu owner :( kebangetan c responnya, huhuhuhu tapi untungnya semua urusan sama dia uda kelar ya Nie. Cukup tau aja deh sama vendor ini

    BalasHapus
  9. yaowo Nie, ga banget ya itu owner :( kebangetan c responnya, huhuhuhu tapi untungnya semua urusan sama dia uda kelar ya Nie. Cukup tau aja deh sama vendor ini

    BalasHapus
  10. Gilaaaaaaa azeeeeee... ada yahhhhhhhh orang kayak gituhhhh... janji pulang tgl 5 undur lagi 18. Ampunnnn deh si Koko, janji janji palsu. Yang Kaya gitu selamanya ga bakalan sukses dan ga bakal bisa maju. Udah bikin cape ati orang. Huh! Gue aza baca msg nya sewot, udah belagu bikin susah orang lagi. Ampun deh yak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pulangna si kekna tgl 5 tp bilangna masuk kantor tgl 18 br di trf cc orin hueeh, wajar kan kita marah? dia yg ngmg janji tgl segitu eh d ingkari, kt protes galakan dia >.< ckck

      Hapus
  11. wew Nie.. baru baca.. parah kali itu vendor ya..
    malesin komunikasi sama orang kaya gitu. KZL

    BalasHapus
  12. nie nieee aku baru baca.. ada aja ya drama2 deket2 prepare.. jd was2. aku mesti wanty2 vendor ku. smoga dapet vendor yang baik. amin.. tapi aku jg agak shock sih bacanya.. apa lagi kalo aku orgnya ribet ya..gpp nie..ini bumbu dalam masa2 prepare nya ya.. yg penting udh beres.. ^^

    BalasHapus

Back to Top